Sabtu, 25 Februari 2012

WOT


Di era internet sekarang ini, tentunya browsing sudah merupakan kegiatan sehari-hari. Dari yang muda sampai tua tidak mau ketinggalan untuk kegiatan yang satu ini. Keperluan browsingnya pun beragam, dari yang mulai iseng-iseng untuk sekedar mencari informasi ringan, mencari pekerjaan, mencari kenalan ataupun untuk tujuan yang lain.

Seringkali saking asiknya berselancar di dunia maya, kita terkadang tidak menyadari bahwa ada banyak situs-situs yang kemudian menggirng dan “menjebak” kita untuk masuk ke link situs lain yang kita tidak ketahui, apakah situs itu akan memicu penyebaran virus, scam, atau situs-situs lain yang alamat website dengan kontennya sama sekali tidak cocok, atau website yang secara diam-diam mengumpulkan data-data pribadi tanpa seijin kita.

Lalu, bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa situs-situs yang kita akses adalah situs yang aman selain penggunaan antivirus atau pengesetan level keamanan di browser kita?

Ada banyak orang yang baik hati yang bersedia membantu kita untuk itu. Mereka menciptakan suatu perangkat (tools) yang akan membantu kita. Di antaranya adalah WOT (Web Of Trust).
WOT memperlihatkan kepada kita, situs-situs mana yang bisa kita percaya berdasarkan pengalaman jutaan pengguna di seluruh dunia. WOT mengidentifikasikan threat online yang luput dari teknologi keamanan otomatis, seperti : pengalaman user yang tidak bagus, phising (pencurian data pribadi), konten-konten yang kurang pas untuk user umur tertentu dan sebagainya. Hal-hal seperti itulah yang membutuhkan human input.

Untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengakses situs WOT di http://www.mywot.com/. Di situ Anda bisa men-download aplikasinya secara gratis, dan dengan penggunaan yang mudah dan sederhana. WOT ini bisa digunakan untuk bermacam-macam browser (IE, Mozilla, Chrome, Opera, Safari). Asik khan?

Selamat mencoba ya … so kita tidak perlu was-was lagi jika membuka situs-situs web (terutama) yang masih asing bagi kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar