Sabtu, 06 September 2014

Pengalaman Naik KA Tawang Jaya

KA Tawang Jaya yang Sudah Ber-AC
Setelah beberapa kali mendapatkan informasi mengenai KA Ekonomi yang sekarang makin OK, saya dan suami  memutuskan untuk menjajal salah satu mode transport umum ini.

Kami memesan tiket kereta KA Tawang Jaya, jurusan Pasar Senen (Jakarta) - Poncol (Semarang) secara online dari internet, berangkat dari Pasar Senen 

pk. 06.10 pagi dengan harga tiket per orang Rp. 45.000,00, jadi untuk dua orang sejumlah Rp. 90.000,00 + pajak dll, total jendral harga tiket Rp. 97.500,00 (kami beli tiket awal Agustus 2014).

Begitu tiba di stasiun PS. Senen, kami harus menukar bukti pembayaran dengan tiket yang sebenarnya. Beruntung sekali bahwa di stasiun tersebut telah disediakan fasilitas proses cetak tiket mandiri. Jadi, siapa saja yang enggan antri untuk tukar tiket di loket, bisa menggunakan fasilitas ini.


Di ruang cetak mandiri tersebut, disediakan sejumlah komputer. Cara mencetak tiket cukup mudah, tinggal menuliskan kode pembayaran yang sudah dilakukan, maka komputer secara otomatis mencari data untuk kode pembayaran tersebut. Setelah itu, maka muncul data-data kita, nama dan jenis kereta yang kita pesan, termasuk informasi keberangkatan dan kedatangan. Kalau sudah yakin datanya benar, tinggal tekan tombol cetak. Super gampang banget.. Dua jempol buat KAI yang sudah memberi kita fasilitas ini!! Hanya saja .. kadang komputernya "sakit kepala" alias "hang". Mungkin pihak KAI bisa memperhatikan hal ini, karena fasilitas ini sangat-sangat bermanfaat buat calon penumpang.

Kesan pertama begitu di dalam kereta, terlihat memang sudah ada AC-nya, ada juga stop kontak untuk nge-charge HP. Untuk kursi, mungkin karena kursi kami berdekatan dengan toilet, agak-agak tercium bau pipis hehhehe... Untuk jok-nya sendiri, nyaman .. cuman agak sedikit keras, masih wajarlah...



Tatakan Tempat Minum plus Stop Kontak


Pihak KA juga menyediakan makanan dan minuman, walau dengan variasi yang terbatas. Untuk makanan biasanya mereka menyediakan nasi goreng yang sudah dalam kemasan dan mie instan. Untuk minuman, yang ditawarkan adalah kopi dan teh. Tapi itupun sudah cukup lumayan.
Perjalanan dari Jakarta ke Semarang terbilang lancar dan tepat waktu (kurang lebih enam jam). Untuk ukuran jarak Jakarta-Semarang, dengan karcis seharga Rp. 45.000,00, menurut saya KA Tawang Jaya sudah OK.

Bravo PT. KAI, semoga pelayanannya selalu ditingkatkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar