Senin, 18 November 2013

Lima Manfaat Super dari Jeruk Nipis

Kita semua telah mengetahui bahwa buah jeruk sangat bermanfaat untuk kesehatan, termasuk jeruk nipis. Hal ini karena rasa manis dan asam pada jeruk nipis mengandung nilai gizi yang tinggi.

Oleh karena itu, minum air jeruk nipis dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa kondisi penyakit. Berikut ini adalah manfaat kesehatan dari minum air jeruk nipis, seperti dilansir Magforwomen.


1. Mengatasi sembelit
Jeruk dianggap buah terbaik untuk mengeluarkan racun dari saluran usus dan sekaligus membantu membersihkannya. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis akan membantu memberikan pengobatan terhadap masalah sembelit. Rasa manis jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Cara terbaik untuk minum jus jeruk nipis dengan menambahkan sedikit garam ke dalam jus.

2. Menjaga kesehatan pencernaan
Air jeruk nipis merupakan sumber kaya flavonoid yang meningkatkan cairan sistem pencernaan, asam, dan empedu. Oleh karena itu, dokter menyarankan minum air jeruk nipis untuk pasien yang mempunyai masalah pencernaan. Selain itu, buah ini juga bermanfaat dalam mencegah atau mengontrol rasa mual dan diare.

3. Efektif mengobati penyakit kuning
Jeruk nipis manis telah digunakan sebagai obat alami yang efektif untuk mengobati penyakit kuning. Hal ini karena kandungan gizi dalam buah ini membantu dalam meningkatkan fungsi hati dan diyakini memiliki efek meredakan demam dan penyakit kuning.

4. Mengatasi masalah buang air kecil
Tingginya jumlah kandungan kalium dalam air jeruk nipis dapat membantu membilas racun dari ginjal dan kandung kemih. Oleh karena itu, minum air jeruk nipis sangat efektif menyembuhkan infeksi kandung kemih.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Rutin mengonsumsi jeruk nipis dapat meningkatkan fungsi jantung dan akhirnya membuat sirkulasi darah meningkat, sehingga tubuh menjadi sehat. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah ini juga memberikan kesehatan pada sistem kekebalan tubuh.

Sumber : Okezone

2 komentar:

  1. Wah, kita bisa bersyukur (karena jeruk nipis yang masam pun banyak manfaatnya), bisa juga kecewa (kenapa kok yang banyak manfaatnya itu rasanya masam). Coba kalau sudah bermanfaat, enak pula, belum lagi mudah didapat dan murah (sebaiknya gratis)! :D Pasti semakin banyak yang sapat manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kira2 yg enak, bermanfaat dan gratis itu ada gak ya? ;)

      Hapus